SHOP NOW 24/7 AVAILABLE IN 5 MARKETPLACE

SHOP
Login
Products
Journals
About Us
Contact Us
SEARCH
SHOP

No results found

1 July 2020
Knowing Your Skin Type and How to Treat Them

Langkah pertama saat akan membeli skincare adalah bukan mengenali masalah yang ada pada kulit, tapi mengetahui tipe kulitmu lebih dulu. Karena, bahkan jika kulitmu super bagus dan tidak bermasalah sama sekali, perawatan itu tetap perlu loh! Dan skincare yang kamu beli tidak akan memberikan hasil maksimal jika kamu membeli varian yang tidak cocok untuk tipe kulitmu. 

NORMAL

Karakteristik: Kamu tidak banyak mengalami jerawat/breakout dan kulitmu juga tidak bereaksi negatif pada perubahan cuaca atau pemakaian produk baru. Kulitmu tidak terasa berminyak atau terlalu lembab, tapi juga tidak terasa kering. Biasanya kulitmu terasa kencang dengan hanya sedikit saja garis-garis halus dan kerutan. 

How to Treat: Untuk kulit normal, tidak ada batasan mengenai produk apa saja yang bisa kamu coba karena kulitmu tidak mudah bereaksi negatif pada berbagai macam bahan. Namun, tetap saja, kami menganjurkan kamu untuk membeli produk yang bisa digunakan semua tipe kulit atau kulit normal. 

Dan walaupun kamu mungkin tidak mengalami masalah kulit, seperti kusam karena kering atau jerawat karena berminyak, perawatan kulit tetap perlu untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tetap awet muda. 

OILY / BERMINYAK

Karakteristik: Kulitmu terasa selalu shiny dan lembab. Kamu mungkin sering menemukan pori-porimu tersumbat dan berkomedo. Karena kulitmu berminyak, kadang-kadang makeup yang kamu gunakan cepat luntur atau hasilnya tidak sesuai keinginanmu. Tapi, karena kulitmu secara natural selalu lembab, kulitmu jadi terasa lebih kenyal dan tidak rentan terhadap garis-garis halus dan kerutan wajah.

How to Treat: Hal utama dalam merawat kulit tipe ini adalah pengontrolan minyak. Kamu harus menghindari skincare dengan bahan-bahan seperti mineral, petrolatum, dan alkohol. Biasanya produk yang bersifat non-komedogenik sangat cocok untuk kulitmu karena tidak akan menyumbat pori-pori. Dan walaupun kulitmu sudah lembab, tetap penting untuk memakai moisturizer. Cari yang bebas minyak, ya (seperti Haple Blue Moon Moisturizer yang water-based)! Also, jangan mencuci muka terlalu sering karena akan mengeringkan pori-porimu sehingga tubuh akan menghasilkan lebih banyak minyak. Maksimal 2 kali sehari saja ya menggunakan Haple Halley Face Wash yang cocok banget untuk kulit berminyak!

DRY / KERING

Karakteristik: Kulit kering berarti kulit yang kekurangan minyak dan kelembaban. Biasanya tipe kulit ini memiliki sensitivitas tinggi, terasa gatal, dan pecah-pecah. Atau bisa juga kulitmu terasa kencang dengan permukaan yang tipis tapi menunjukkan banyak garis halus saat kamu mencubit kulitmu. 

How to Treat: Kunci utama untuk merawat kulit tipe ini adalah dengan menjaga kelembaban kulit sehingga tentu saja moisturizer sangat penting terutama setelah mencuci muka. Jangan menggunakan produk yang keras atau mengandung banyak pewangi. Sebaiknya, hindari produk yang oil-based dan pilih yang berbasis air (seperti Sky Rose Moisturizer dari Haple).

Jika bisa, usahakan rumahmu juga hangat dan lembab. Dan yang paling penting, minum air yang cukup setiap hari, ya!

COMBINATION / KOMBINASI 

Karakteristik: Kalau kamu sedari tadi masih belum menemukan yang paling menggambarkan kulitmu, mungkin saja kulitmu bertipe kombinasi. Apakah kulitmu kering di area tertentu tapi berminyak di area lain? Biasanya tipe kulit ini bisa dikenali dengan T-Zone (area dahi ke garis di hidung) yang berminyak sedangkan area wajah lainnya kering. 

How to Treat: Untuk tipe kulit ini, sebaiknya jangan gunakan produk yang berbasis alkohol. Lalu, kunci utamanya adalah keseimbangan. Kamu harus rajin membersihkan wajah (tetap saja, gunakan face wash maksimal 2 kali sehari, ya!) dengan Micellar Water dan Face Wash. Kamu juga bisa mengeksfoliasi kulit satu atau dua kali seminggu dengan produk yang cocok untuk tipe kulit kombinasi. 

Pelembab juga penting untuk kamu gunakan setiap hari. Hindari yang berbasis minyak ya agar T-Zone-mu tidak semakin berminyak. 

SENSITIVE / SENSITIF

Karakteristik: Kulit mudah memerah, sering muncul ruam dan benjolan, kulit terasa terbakar atau ada sensasi menyengat saat menggunakan produk skincare yang tidak cocok, kulit memberikan reaksi negatif pada fragrance, dan timbul bercak karena kulit kering atau iritasi. 

How to Treat: Kamu harus berhati-hati dalam memilih produk skincare karena kulitmu memiliki reaksi negatif yang berbeda. Sebaiknya hindari produk yang mengandung fragrance, paraben, dan/atau alkohol. Carilah produk yang bersifat menenangkan dan menyembuhkan kulit, serta bersifat anti-inflamasi. Tips: kamu bisa juga mencoba produk baru di tanganmu lebih dulu dan memastikan apakah ada reaksi negatif atau tidak. Jika tidak, maka produk itu kemungkinan besar aman dan cocok untuk kulitmu. 

MATURE / DEWASA 

Karakteristik: Fleksibiltas dan elastisitas berkurang, muncul flek hitam, kulit terlihat kusam, muncul garis-garis halus dan kerutan, dan dehidrasi. 

How to Treat: Bersihkan kulit setiap hari dengan facial wash. Jaga kelembaban kulit dengan menggunakan pelembab sehari-hari. Lindungi kulit dengan sunscreen yang bisa digunakan setiap pagi sebelum beraktivitas. Kamu juga bisa mengimbanginya dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat dan cukup.